Kebakaran Menghanguskan Pemukiman Warga Komunitas Adat Lebu di Desa Mangkahui

Kebakaran Menghanguskan Pemukiman Warga Komunitas Adat Lebu di Desa Mangkahui

Murung Raya (15/6/2019), www.aman.or.id - Kebakaran terjadi di wilayah pemukiman Komunitas Adat Lebu di Desa Mangkahui, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, Jumat (14/6) sekitar pukul 03.00 WIB.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. Menurut keterangan beberapa warga, api berasal dari rumah salah seorang warga. “Ketika warga berangkat solat subuh terlihat kobaran api di salah satu rumah. Saat itu warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya,” jelas Syahrudin, Ketua BPH AMAN Daerah Murung Raya.

Satu jam kemudian petugas pemadam kebakaran (damkar) datang membantu warga. Api berhasil dipadamkan dalam waktu 2 jam lebih (sekitar jam 6 pagi) oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Murung Raya dengan bantuan warga setempat.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun 115 jiwa / 33 KK kehilangan tempat tinggal. Data sementara yang dihimpun AMAN Murung Raya dari lapangan diketahui sebanyak 26 rumah warga, 1 balai pertemuan, 1 masjid, dan gedung olahraga terbakar. Puluhan kios di Pasar Mangkahui juga ludes dilalap api.

Sementara jarak tempuh Puruk Sahu, kota kabupaten, dengan kendaraan bermotor memakan waktu 1,5 jam. Ditambah lagi, dua jembatan penghubung ke lokasi ikut terbakar. Di sisi lain dari arah berbeda, dua jembatan menuju ke Desa Mangkahui juga terbakar karena sebagian besar kontruksinya terbuat dari kayu. Sehingga penanganan terkendala akibat akses demikian.

Akibatnya hanya sepeda motor yang dapat digunakan untuk melalui jembatan menuju ke desa.

Perhatian dari pemerintah perlahan tampak. BPBD, TAGANA dan Polres Murung Raya mulai membangun Posko dan dapur umum di halaman Sekolah Dasar di Desa Mangkahui. Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor, S. Sos berkunjung ke Posko dan lokasi untuk memberikan dukungan kepada warga yang terdampak kebakaran.

Saat ini ketua PD AMAN Murung Raya berkonsultasi dengan warga dan mantir adat untuk penanganan warga terdampak paska kebakaran. Kebutuhan mendesak saat ini di antaranya:

  1. Tenda pengungsian
  2. Makanan dan minuman
  3. Tenaga medis dan obat-obatan
  4. Pakaian dan perlengkapan tidur
  5. Kebutuhan anak-anak dan balita

AMAN Murung Raya membuka donasi bagi yang ingin meringankan beban warga terdampak.

Donasi dapat dikirimkan ke:

Rekening Bank BPD Kalteng

No. Rekening :  501-201-000014102-6

Atas Nama:  Aliansi Masyarakat Adat Nusantara MU

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Tim Tanggap Darurat AMAN

Murung Raya:

Rumah AMAN Murung Raya. Jln. A Yani. Rt/Rw. 10/3. Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya. Kalimantan Tengah. 

Narahubung: Syahrudin (0822-5131-2185, email: amanmuraii268@gmail.com)

Jakarta:

Rumah AMAN. Jln. Tebet Timur Dalam Raya No. 11 A. Jakarta Selatan. 12820

Narahubung: Annas Radin Syarif (0857-7740-1724, email: annas240@aman.or.id)

Tinggalkan Balasan