Abdon Nababan unggul dalam Survei Pemimpin yang Paling Diharapkan

Jakarta, AMAN.or.id – Di tengah krisis figur akan tokoh politik di Sumatera Utara, nama Abdon Nababan muncul dalam deretan nama kandidat pemimpin yang paling diharapkan oleh masyarakat Sumut pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Pelopor Muda terhadap 667 responden, Abdon Nababan sebagai Penggiat Sosial menempati posisi tertinggi (9,6%) disusul oleh DPR RI Maruarar Sirait (8,7%), Pengusaha Ade Sandra Purba (7,8%) dan Pangkostrad Edi Rahmayadi (7,2%).

Tingkat kepercayaan terhadap Abdon Nababan sebagai pemimpin yang paling diharapkan juga tidak semerta muncul begitu saja. Abdon terpercaya lebih dari 20 tahun menyuarakan aspirasi masyarakat adat dan menerima Nobel Asia atas kepemimpinannya. Selama ini berdasarkan survei, masyarakat sangat mengharapkan sosok yang dapat melibatkan diri mereka dalam pembuatan kebijakan publik dan menyelesaikan beragam masalah yang terjadi.

Survei opini publik dengan pendekatan deskriptif kualitatif ini dilakukan oleh Lembaga Pelopor Muda Bidang Literasi Politik dan Pendidikan Anti Korupsi kota Medan digunakan untuk melihat seberapa penting partisipasi masyarakat yang terlibat, bukan hanya sekedar dalam pemilihan namun juga dalam perencanaan, pembuatan, pelaksanaan dan pengawasan penyelenggaran Negara demi terwujudnya harapan Masyarakat Sumatera Utara.

Namun yang penting diperhatikan, perilaku korupsi yang tinggi dan dilakukan oleh para pemimpin sebelumnya menjadikan sikap pesimis masyarakat terhadap pemimpin pun tinggi.

Hal ini yang kemudian menjadi tantangan bagi para kandidiat pemimpin untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam memilih sosok pemimpin Sumatera Utara yang lebih dekat dengan masyarakat. – Titi Pangestu –

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*