BPAN Barito Utara Galang Dana untuk Korban Gempa di Lombok NTB

Barito Utara, www.aman.or.id – Lintas Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di antaranya Pengurus Daerah Barisan Pemuda Adat Nusantara (PD BPAN) Barito Utara, KNPI, BEM Politeknik Muara Taweh, SMA 2 Muara Taweh, SMA 1 Muara Taweh dan Yamaha Motor Club Barito Utara turun ke jalan. Mereka melakukan penggalangan dana dan bantuan untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dedi Kuswanto, salah satu anggota Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Barito Utara mengatakan aksi penggalangan dana dimulai pukul 15.00-17.00 wita, dengan titik kumpul berada di depan Kantor Bupati. Selanjutnya para peserta  melanjutkan aksinya di depan Pasar Dermaga.

“Kami mengajak seluruh organisasi pemuda dan masyarakat umum agar ikut memberikan bantuan untuk meringankan saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah gempa bumi di Lombok  dan sekitarnya,” kata Dedi Kuswanto, Rabu (8/8) di Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Dedi juga mengatakan, selain mendonasikan uang, masyarakat umum diharapkan juga menyumbang barang-barang yang menjadi kebutuhan mendesak para korban, misalnya, pakaian layak pakai, selimut, dan obat-obatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

“Berapa pun nominal sumbangan dan barang-barang yang diberikan pastinya akan sangat membantu meringankan kesulitan yang saat ini sedang dialami masyarakat di Lombok,” ujar Dedi.

Ditambahkan Dedi, masyarakat yang akan berdonasi juga bisa mengirimkan sumbangannya ke posko bersama jalan Pramuka Gedung KNPI.

“Aksi ini kita lakukan selama tiga hari yang dimulai dari tanggal 7 sampai dengan 9 Agustus 2018,” tutup Dedi.

Sebelumnya gempa teknonik berkekuatan 6,4 SR telah mengguncang wilayah Lombok dan sekitarnya (29/7) dan gempa susulan dengan 7,0 SR kembali meluluhlantakan wilayah Lombok dan sekitarnya (5/8). Berdasarkan data yang dilansir dari Danrem 162/WB, hingga tanggal 8 Agustus jumlah pengungsi telah mencapai 270.168 orang yang tersebar diberbagai wilayah di Lombok.

 Dedi KuswantoAnggota BPAN Barito Utara Kalimantan Tengah

Be the first to comment

Leave a Reply