PD AMAN Tapanuli Utara selenggarakan musyarawarah daerah

Ahmad Simanjuntak terpilih sebagai Ketua PD AMAN Tapanuli Utara periode 2017-2022 melalui musyawarah daerah (musda) yang berlangsung di Komunitas Masyarakat Adat Ranggitgit, Parmonangan, pada Senin (11/9).

Musda ini dihadiri oleh 400 peserta dari lima komunitas adat anggota AMAN di Tapanuli Utara. Mekanisme organisasi ini juga memilih Darwis Manalu sebagai Ketua Dewan AMAN Daerah Tapanuli Utara untuk periode yang sama.

Acara diawali dengan seminar Percepatan Peraturan Daerah tentang Masyarakat Adat di Tapanuli Utara. Para pembicaranya adalah Abdon Nababan (Dewan AMAN Nasional mewakili Region Sumatera), Roganda Simanjuntak (Ketua AMAN Wilayah Tano Batak) Jonius Taripar Hutabarat (Kapolres Tapanulis Utara), Victor Siagian (Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Utara), dan Maradona Simanjuntak (DPRD Tapanuli Utara Komisi A).

“Perjuangan masyarakat adat sudah membuahkan hasil, semenjak digugatnya UU Kehutanan ke Mahkamah Konstitusi, dan membuahkan hasil sesuai dengan putusan MK 35 tahun 2012 yang mengatakan hutan adat bukan lagi Hutan Negara,” kata Abdon.

Menurut Roganda, MK 35 seharusnya mendasari pengembalian hutan adat kepada pemilik sahnya, yaitu Masyarakat Adat. Apalagi di Tano Batak, karena sebelumnya hutan adat ditetapkan sebagai hutan negara sehingga menjadi melegitimasi perusahaan untuk merampas hak masyarakat adat.

“Akibatnya, seluruh tata ruang wilayah adat dirusak, pohon-pohon kemenyan yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat adat di habis tebangi dan digantikan dengan pohon ekaliptus,” tegas Roganda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*