AMAN dan Sayap Organisasi Tangani Bencana Bersama di Sulawesi Tengah

Palu, www.aman.or.id-Puluhan Relawan Tim Tanggap Darurat dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) dan PEREMPUAN AMAN melakukan pendistribusian logistik berupa Beras, Gula, Minyak Goreng dan Garam ke Tiga Kabupaten di Sulawesi Tengah, yaitu Kabupaten Sigi, Parimo dan Kabupaten Donggala (4/11).

Ketua BPAN wilayah Sulawesi Tengah, Samsudin mengatakan bahwa pendistribusian ini akan difokuskan di tiga kabupaten yang terkena dampak gempa dan tsunami, yaitu Kabupaten Sigi, Parimo dan Donggala.

“Hari ini kita distribusikan kebutuhan dasar sehari-hari dulu, seperti beras, gula, minyak goreng dan garam,” jelas Samsudin.

Samsudin juga menjelaskan bahwa dalam proses pengiriman logistik, tim tanggap darurat dibagi menjadi empat tim yaitu Pandere, Kamalisi, Parimo dan Kulawi. Ada sekitar 70 komunitas yang akan didatangi dan diberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan yang mendesak.

“Pada saat distribusi logistik, sekalian kita mendata apa saja yang dibutuhkan komunitas adat. Kenapa kita data, karena ini penting agar AMAN bisa mengetahui kondisi warganya membutuhkan apa saja. Sehingga tidak ada yang kelaparan atau sakit. Intinya kita harus pastikan bahwa basis masyarakat adat yang tergabung dengan AMAN kondisinya baik-baik saja.” tutup Samsudin.

Sisi Boka – Anggota BPAN Sulawesi Tengah

Be the first to comment

Leave a Reply