Oleh Akbar Wiyana

Gugus Tugas AMAN-kan Covid-19 Pengurus Daerah (PD) AMAN Osing membagikan sejumlah alat pendukung penanganan pandemi Covid-19 di wilayah adat Osing di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada Senin (6/9/2021). 

Sekretaris PD AMAN Osing Wiwin Indiarti mengatakan bahwa Aksi Tanggap Darurat (ATD) itu merupakan salah satu bagian dari Rencana Tindak Lanjut (RTL) Konsolidasi Pengurus Besar (PB) AMAN beserta seluruh Pengurus Wilayah (PW) dan daerah serta organisasi sayap AMAN di Indonesia pada 10 Juli 2021 lalu. 

ATD yang dimaksud itu merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menangani dampak buruk yang diakibatkan oleh Covid-19 di wilayah adat. 

Wiwin menuturkan, bentuk ATD yang dilakukan AMAN meliputi dukungan pemberian masker; alat pelindung diri atau APD bagi tenaga kesehatan dan tim penanganan pandemi; oksimeter; oksigen dan peralatan pendukungnya atau oxygen kits (tabung oksigen, troli, dan regulator). “Total dukungan yang didistribusikan sebanyak 205 APD, 72 kotak masker, 10 peralatan pendukung oksigen, dan 40 oksimeter,” ungkap Wiwin. 

Penyerahan bantuan oleh PD AMAN. Sumber foto: Dokumentasi AMAN Osing.

Alat dukungan tersebut didistribusikan ke 15 titik, termasuk di antaranya Desa Olehsari, Desa Kemiren, Kelurahan Boyolangu, dan Desa Alasmalang. “Dukungan itu didistribusikan ke balai desa dan pusat layanan kesehatan yang berada atau dekat wilayah adat,” tambah Wiwin, “sehingga harapannya beberapa komunitas adat dapat mengaksesnya dengan mudah.”

Dengan adanya dukungan tersebut, PD AMAN Osing berharap bahwa tenaga kesehatan dapat melayani Masyarakat Adat secara maksimal.

“Oksimeter dan oxygen kits paling tidak disediakan satu unit untuk satu daerah atau satu kelompok Masyarakat Adat yang dapat digunakan untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan pada saat isolasi atau harus dibawa ke rumah sakit dan dalam keadaan darurat lainnya,” ungkapnya. 

Hilmi Afandi, Lurah Boyolangu di Kecamatan Giri-Banyuwangi, - yang turut menerima dukungan tersebut - mengucapkan terima kasih kepada AMAN atas bantuan yang diberikan. Menurutnya, bantuan sangat bermanfaat bagi Masyarakat Adat di wilayah yang dipimpinnya. 

“(Bantuan yang diberikan) langsung kami serahkan ke Puskesmas Pembantu dan bidan wilayah untuk dipergunakan sebaik-baiknya,” ujar Hilmi. 

***

Penulis adalah staf Infokom AMAN Osing sekaligus anggota dari BPAN Osing