Oleh Apriadi Gunawan

Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMAN Rukka Sombolinggi menginstruksikan kepada seluruh anggota, Pengurus Wilayah (PW), Pengurus Daerah (PD), organisasi sayap, dan badan otonom AMAN untuk melakukan penjaringan bakal calon Sekjen AMAN untuk periode 2022-2027.

Instruksi tersebut dikeluarkan sesuai amanat Anggaran Dasar serta hasil Rapat Dewan AMAN Nasional (DAMANNAS) dan Rapat Pengurus Besar (RPB) AMAN XXVIII pada 20-22 November 2021.

Eustobio R. Renggi, Deputi Sekjen AMAN Urusan Organisasi, mengatakan bahwa - sebagaimana mandat Anggaran Dasar AMAN - Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi yang dilakukan setiap lima tahun sekali, termasuk memilih dan menetapkan Sekjen AMAN untuk periode waktu berikutnya.  

Sehingga, lanjut Eustobio, Sekjen AMAN telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh anggota, pengurus (PW dan PD), organisasi sayap, dan badan otonom AMAN untuk mengajukan nama-nama Kader AMAN yang memenuhi syarat - sesuai ketentuan Anggaran Dasar Pasal 18 ayat (6) - sebagai bakal calon Sekjen AMAN. 

“Instruksi ini kiranya dapat ditindaklanjuti, sehingga nantinya dapat diproses lebih lanjut oleh DAMANNAS,” ungkap Eustobio dalam surat edarannya pada Jumat (4/2/2022).

Ia menjelaskan, waktu untuk melakukan penjaringan bakal calon Sekjen AMAN, dimulai sejak instruksi itu dikeluarkan dengan harap usulan nama-nama diterima paling lambat tanggal 30 April 2022. Eustobio menambahkan bahwa anggota dan pengurus maupun organisasi sayap dan badan otonom dapat mengajukan paling banyak tiga nama bakal calon Sekjen AMAN.

KMAN VI akan berlangsung di Wilayah Adat Tabi, Jayapura, Papua pada 24-28 Oktober 2022. Salah satu agenda penting pada KMAN VI tersebut, adalah pemilihan dan penetapan Sekjen AMAN periode 2022-2027.

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang POlitik, Hukum, dan Keamanan Mahfud M. D. turut menyatakan dukungan atas pelaksanaan KMAN VI dan bersedia masuk dalam susunan kepanitiaan sebagai pelindung guna memastikan KMAN VI berlangsung aman dan lancar.

Ketua Umum Panitia Pelaksana KMAN VI Mathius Awoitauw yang juga menjabat sebagai Bupati Jayapura, menjelaskan bahwa penyelenggaraan KMAN VI yang akan berlangsung pada 24-28 Oktober 2022, memiliki kemungkinan untuk adanya perpanjangan waktu mengingat pada saat yang bersamaan juga hendak diselenggarakan berbagai acara dalam rangka agenda kebudayaan di sana.

Tag : Masyarakat Adat KMAN VI RPB AMAN XXVIII Bakal Calon Sekjen AMAN