Oleh : Irsal Hamid

Sebanyak 35 orang pengurus PW AMAN Tana Luwu bersama organisasi sayap seperti BPAN, Perempuan AMAN dan perwakilan Badan Usaha Masyarakat (BUMMA) serta kelompok Gerakan Pemuda Pulang Kampung akan berangkat ke perayaan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) pada 9 Agustus 2023 di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Rombongan akan berangkat dari Rumah AMAN Tana Luwu pada 6 Agustus 2023.

Koordinator rombongan Andre Tandi Gau menyatakan sehari sebelum rombongan besar ini berangkat ke Tana Toraja, ada tujuh orang yang lebih dulu berangkat tanggal 5 Agustus. Mereka akan mengikuti rangkaian acara yang telah ditetapkan oleh panitia HIMAS di Tana Toraja.

“Kami akan ikut berpartisipasi mengisi acara HIMAS Toraja,” kata Andre pada Rabu (2/8/2023)  

Pria yang kini menjabat Kepala Biro Advokasi AMAN Tana Luwu ini menjelaskan seluruh peserta HIMAS yang akan berangkat dari Tana Luwu sudah mempersiapkan diri masing-masing, baik fisik maupun non fisik. Dikatakannya, peserta dari Tana Luwu akan berangkat dengan 6 unit mobil serta beberapa sepeda motor.  Ia berharap dalam perjalanan nanti cuacanya bagus dan tidak ada kendala sehingga peserta bisa tiba di lokasi perayaan HIMAS dengan selamat.  

Andre menyatakan perayaan HIMAS yang tahun ini dipusatkan di Tana Toraja sangat menguntungkan buat PW AMAN Tana Luwu dan PW AMAN Sulawesi Selatan. Sebab, hanya berjarak beberapa kilometer menuju lokasi.

“Dari Tana Luwu kisaran 80 km, sedangkan Makassar 300-an km. Ini sedikit memudahkan untuk bisa tiba di lokasi acara, semua bisa (ditempuh) dengan kendaraan besar maupun  kecil,” terangnya.

Senang Ikut HIMAS

Andre mengatakan senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan HIMAS di Tana Toraja tahun ini. Ia mengaku PW AMAN Tana Luwu telah mempersiapkan banyak kegiatan di acara HIMAS nanti, termasuk ikut pameran produk UMKM. Andre menyebut ada beberapa produk unggulan dari komunitas adat Tana Luwu yang akan dipamerkan di acara HIMAS antara lain madu dari Rampi, Rongkong dan Mungkajang, minyak kemiri dan masih banyak produk lainnya.

“Harapannya semua produk UMKM dari Tana Luwu disukai peserta HIMAS,” katanya sambil tersenyum.

Andre menambahkan selain ikut pameran UMKM, mereka juga akan meramaikan beberapa kegiatan seperti pentas budaya dan lainnya.

“Total ada 9 kegiatan dan semua akan diikuti oleh peserta dari Tana Luwu,” ungkapnya.

DAMANWIL Tana Luwu Hariani berencana akan ikut rombongan untuk menghadiri perayaan HIMAS di Tana Toraja. Ia mengaku senang bisa ikut merayakan HIMAS bersama Masyarakat Adat dari berbagai wilayah lain. Menurutnya, perayaan HIMAS tahun ini harus dijadikan momentum kebangkitan Masyarakat Adat di Nusantara.

“Momentum perayaan HIMAS tahun ini harus dimanfaatkan untuk mendesak pemerintah mensahkan RUU Masyarakat Adat,” tegasnya.

Hariani menghimbau seluruh peserta HIMAS, terutama yang berasal dari luar wilayah Tana Toraja seperti Tana Luwu perlu menjaga stamina karena akan banyak kegiatan yang akan diikuti oleh peserta.

“Disana kita semua peserta akan full beraktivitas, karenanya perlu menjaga stamina,” ujarnya.

AMAN akan memusatkan perayaan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia tahun ini di kampung adat Ke’te’kesu’ , Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Perayaan berlangsung mulai tanggal 6 sampai 9 Agustus 2023. Berbagai kegiatan menarik akan disajikan dalam perayaan HIMAS Tana Toraja tahun ini seperti mengungjungi tempat-tempat bersejarah, diskusi Living Law dan KUHP, bincang pemuda adat, wine making, bengkel seni budaya, panggung budaya, kuliner Masyarakat Adat, pameran photo Masyarakat Adat dan klinik hukum.

***

Penulis adalah Jurnalis Masyarakat Adat sekaligus Ketua PH AMAN Tana Luwu

Tag : AMAN Tana Luwu HIMAS 2023