Oleh Elan Cahayu

Putra daerah Sumatera Utara Abdon Nababan terus mendapat dukungan dari Masyarakat Adat di pesisir Sumatera Utara untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) pada Pemilihan Umum 14 Februari 2024.

Selain didukung Masyarakat Adat pesisir, Abdon Nababan juga menerima dukungan dari kelompok koalisi rakyat yang menjadi korban konflik perampasan tanah Masyarakat Adat dengan PT Perkebunan Nusantara II. Kelompok tersebut meliputi Forum Petani Kabupaten Deli Serdang, Masyarakat Adat Bagan Percut Kabupaten Deli Serdang,

Kelompok-kelompok ini menyatakan  akan all out mendukung pencalonan Abdon Nababan hingga terpilih sebagai anggota DPD RI dari Sumatera Utara. Mereka bertekad akan menghantarkan Abdon Nababan berkantor di gedung Senayan Jakarta.

Ketua Masyarakat Adat Bagan Percut, Erlina mengatakan sosok Abdon Nababan sangat sederhana dan cerdas. Masyarakat Adat  pesisir pantai Sumatera Utara sangat menyukai sosok beliau. Erlina mengatakan Masyarakat Adat Bagan Percut siap untuk memenangkan Abdon sebagai anggota DPD RI asal Sumatera Utara. 

"Kami siap sepenuhnya mendukung Abdon Nababan menjadi anggota DPD RI,” kata Erlina di acara sosialisasi pemenangan Abdon Nababan di Bagan Percut, Kabupaten Deli Serdang  pada Senin, 29 Januari 2024.

Dalam kesempatan ini, Erlina yang juga Ketua STM Al Fajar menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Abdon Nababan terkait susahnya air bersih  di sekitar Bagan Percut, Kabupaten Deli Serdang. Untuk itu, Erlina berharap Abdon Nababan bisa memberikan solusi atas kesulitan yang dialami masyarakat untuk mendapatkan air bersih. 

Mala, salah seorang ibu rumah tangga di Bagan Percut, membenarkan bahwa mereka saat ini kesulitan air bersih. Keseharian, masyarakat mengandalkan sumur bor untuk mendapatkan air bersih. Sedihnya, sumur bor mereka sering rusak.

“Kami disini kesusahan air bersih, ketika mesin sumur bor kami rusak, kami terpaksa mandi dialiran air sungai yang kotor,” ucap Mala dengan nada pilu.

Abdon Nababan menyerap semua aspirasi masyarakat ini. Ia berterima kasih atas dukungan  Masyarakat Adat Bagan Percut, terutama koalisi rakyat yang telah memberikan bantuan tenaga, pikiran dan donasi selama masa kampanye. Abdon Nababan menjelaskan dukungan koalisi rakyat Masyarakat Adat Bagan Percut ini menambah kepercayaan dirinya untuk terus berjuang menjadi anggota DPD RI.

“Ini tanda baik untuk pencalonan saya menjadi anggota DPD RI dari Sumatera Utara. Semoga terwujud,” katanya penuh harap.

Abdon Nababan pernah menjabat Sekjen AMAN dua periode dan Ketua Dewan AMAN Nasional (DAMANNAS) pada periode sebelumnya. Ia menyatakan siap berjuang untuk menjaga dan merawat kepercayaan serta harapan Masyarakat Adat dan masyarakat secara umum dalam memperbaiki kehidupan bersama yang lebih baik di Sumatera Utara.

Abdon Nababan diutus oleh Masyarakat Adat dari AMAN Tano Batak dan AMAN Sumatera Utara untuk maju menjadi calon anggota DPD RI. Ia pernah meraih penghargaan Ramon Magsaysay Award kategori “Community Leadership.”

“Mohon doa, dukungan serta pilihannya  di Pemilu 14 Februari 2024,” ucap Abdon Nababan.

***

Penulis adalah Jurnalis Masyarakat Adat dari Sumatera Utara

Writer : |
Tag : Abdon Nababan Calon DPD RI DPD RI Sumatera Utara