Oleh Andre Tandigau

Seorang kader AMAN dari Komunitas Masyarakat Adat Uri Rongkong berhasil meraih satu tiket kursi DPRD Palopo, Sulawesi Selatan setelah meraup suara terbanyak pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024.

Kader AMAN bernama Bata Manurun ini menjadi jawara di Daerah Pemilihan (Dapil) 4 meliputi Kecamatan Bara dan Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo dengan mengumpulkan 2.027 suara.

Putra daerah asal Kota Palopo yang akrab disapa Batman ini maju menjadi Calon Legislatif utusan Masyarakat Adat nomor urut 1 dari Partai Demokrat. Beruntung, Bata Manurun  melenggang ke parlemen. Politisi yang dikenal santun dan memiliki jiwa nasionalis ini dipastikan mendapatkan satu kursi DPRD Kota Palopo.

“Saya berterima kasih atas perolehan kursi Ini. Semoga berkah bagi saya, juga berkah bagi Masyarakat Adat. Tanpa mereka, saya tidak berarti apa-apa,” katanya disela-sela perhitungan suara hasil Pemilu di Kecamatan Bara pada Minggu (18/2/2024).

Bata Manurun menyatakan komitmennya untuk tetap memperjuangkan hak-hak Masyarakat Adat di parlemen. Hal ini sebagai bentuk tanggungjawab dirinya yang telah terpilih menjadi anggota DPRD Palopo dari utusan Masyarakat Adat.

“Komitmen saya untuk tetap mengutamakan perjuangan dan cita-cita Masyarakat Adat agar mendapatkan Pengakuan dan Perlindungan Hak-hak Masyarakat Adat lewat Peraturan Daerah (Perda),” kata Bata Manurun, pria kelahiran 15 September 1978.

Bata menjelaskan bahwa di Kota Palopo saat ini ada 4 Komunitas Masyarakat Adat anggota AMAN yang perlu diakui lewat Perda. Untuk itu, dirinya akan berjuang agar pengakuan Komunitas Masyarakat Adat lewat Perda ini segera bisa terwujud dalam waktu yang tidak lama.

Profil Bata Manurun

Bata Manurun selama ini aktif berjuang bersama Masyarakat Adat. Bata sadar betul bahwa instrumen perjuangan paling sahih untuk meretas pengabaian hak dan menghadirkan perlindungan hukum bagi Masyarakat Adat adalah merebut legislatif. Alasan itu mendasari dirinya untuk terlibat dalam gelanggang kontestasi Pemilu 2024.

Bata Manurun pernah menjabat sebagai Ketua BPH AMAN Tana Luwu periode 2008-2022. Selama periodesasi kepengurusannya tersebut, Bata aktif memperjuangkan hak-hak Masyarakat Adat di Tana Luwu. Ia dikenal memiliki komitmen untuk penguatan hak-hak Masyarakat Adat.

Bata mulai terlibat dalam Komunitas Masyarakat Adat sejak ia menjadi Ketua Forum Pemuda Adat Rongkong Tahun 2002-2007. Seiring waktu berjalan, Bata juga dipercaya menjadi Ketua Kelompok Tenun Adat Rongkong Tahun 2003-2008. Saat ini, Bata Manurun yang merupakan salah satu kader terbaik AMAN menjabat sebagai Dewan AMAN Nasional periode 2022-2027.

Bata Manurun adalah pemangku adat yg memiliki sifat toleransi yang sangat tinggi dan rasa kepedulian terhadap kemanusian, SDA dan adat istiadat yg ada di Tana Luwu.

Bata Manurun Dokumentasi AMAN

Penilaian Pemangku Adat

Erbit Lejja sebagai pemangku adat di Mancani Rongkong, Kota Palopo menyatakan sangat bersyukur atas perolehan suara Bata Manurun yang sangat tinggi di Pemilu 2024. Erbit berharap semoga Bata Manurun duduk di DPRD Kota Palopo.

“Semoga setelah Bata Manurun duduk di DPRD bisa membawa hidup Masyarakat Adat lebih baik di Kota Palopo,” kata Erbit penuh harap.

Erbit menilai sosok Bata Manurun selama ini tidak pernah lelah memperjuangkan nilai-nilai kemanusian dan adat istiadat di Tana Luwu.

“Beliau pejuang kemanuasian,” ujarnya.

Erbit juga menilai sosok Bata Manurun sangat sederhana dan tegas. Hal itulah yang membuat Bata Manurun diterima di semua kalangan masyarakat Tana Luwu, terkhusus di Kota Palopo.

“Wajarlah, kalau masyarakat memilih Bata Manurun duduk di DPRD Palopo,” imbuhnya.

***

Penulis adalah Jurnalis Masyarakat Adat di Palopo, Sulawesi Selatan

Tag : Caleg Utusan Masyarakat Adat Melenggang ke DPRD Palopo