Oleh Apriadi Gunawan

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) berhasil merumuskan dan menetapkan tiga produk organisasi setelah 10 tahun terbentuk. Ketiga produk organisasi tersebut merupakan hasil dari kegiatan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) IV yang dilaksanakan secara hibrid di Bogor pada 26-28 September 2022.

Ketua Umum BPAN Michelin Sallata menyebut bahwa ketiga produk organisasi tersebut adalah anggaran rumah tangga (ART), peraturan organisasi (PO), dan prosedur operasi standar atau standard operating procedure (SOP). Michelin mengatakan, produk-produk organisasi yang berhasil ditetapkan dalam RAKERNAS IV itu merupakan yang pertama dalam sejarah keberadaan BPAN.

“Ini sejarah,” katanya usai menggelar RAKERNAS di Bogor baru-baru ini. “Untuk pertama kalinya, BPAN berhasil menetapkan tiga produk organisasi: ART, PO, dan SOP sejak 10 tahun terbentuk.

Michelin bersyukur ketiga produk organisasi itu telah terbentuk. Menurutnya, semua itu tidak mungkin terwujud tanpa kerja keras seluruh pengurus BPAN. Karenanya, ia berharap produk-produk organisasi tersebut mampu menopang kerja-kerja organisasi dan menyukseskan gerakan pulang kampung yang sudah digaungkan dan dilaksanakan pemuda adat di berbagai komunitas Masyarakat Adat di seluruh Nusantara.

“Ini saatnya BPAN bangkit. Kita sudah punya tiga produk organisasi yang akan menopang kerja-kerja organisasi ke depan,” katanya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMAN Rukka Sombolinggi dalam sambutannya saat membuka RAKERNAS IV, menegaskan bahwa pelaksanaan RAKERNAS IV sangat strategis dan urgen. Ia menerangkan bahwa berdasarkan kalender kegiatan organisasi, sejatinya RAKERNAS IV akan dilakukan pada 2023. Namun, ia meminta agar RAKERNAS IV dimajukan sebelum pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara Keenam (KMAN VI).

“Saya minta RAKERNAS IV BPAN dilaksanakan tahun ini karena banyak hal harus dirembukkan bersama dengan pemuda adat seluruh Nusantara guna menghasilkan rencana atau kegiatan strategis serta produk organisasi lainnya," ungkap Rukka secara daring dari pertemuan New York Climate Week di New York, Amerika Serikat belum lama ini.

Rukka berharap roda organisasi BPAN ke depan bisa lebih baik, apalagi sekarang sudah ada tiga produk organisasi yang akan memandu BPAN dalam mewujudkan cita-citanya menyukseskan gerakan pulang kampung.   

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana RAKERNAS IV BPAN Febriani Sumual menyatakan bahwa selain melahirkan tiga produk organisasi, RAKERNAS itu juga diharapkan dapat mencapai beberapa hal terkait sosialisasi Rencana Strategis BPAN Tahun 2022-2023 dan verifikasi anggota BPAN usia 15-30 tahun. Kemudian, RAKERNAS IV juga jadi momen untuk penetapan strategi dan persiapan pemuda adat menuju KMAN VI.

“BPAN berupaya turut menyukseskan KMAN VI,” kata Febriani.

***

Tag : Masyarakat Adat BPAN Rakernas IV