Konferensi Pers Beberapa pernyataan sikap yang disampaikan oleh AMAN dengan Jaringan LSM siang tadi di Rumah AMAN Malut, untuk mendukung perjuangan suku Pagu, antara lain:

  1. Mendukung perjuangan masyarakat adat pagu yang memperjuangkan pengembalian tanah, sumberdaya dan wilayah adatnya.
  2. Mendesak kepada PT Nusa Halmahera Mineral, agar segera ganti rugi lahan perkebunan warga dan tempat-tempat yang dikeramatkan oleh masyarakat adat yang sudah di eksploitasi perusahan dan kembalikan kepada masyarakat adat pagu sebagai pemilik sah wilayah tersebut.
  3. Mendesak kepada PT NHM agar menghargai, menghormati dan mengakui hak-hak masyarakat adat Pagu
  4. Jika sikap ini tidak di indahkan oleh pihak-pihak terkait, maka kami atas nama organisasi masyarakat adat dan LSM Se-Maluku Utara akan melakukan konsolidasi yang lebih besar dengan tujuan memboikot seluruh aktifitas perusahan PT NHM.
Aliansi Pendukung Masyarakat Adat Pagu: 1. PW AMAN Maluku Utara 2. Walhi Maluku Utara 3. LBH Maluku Utara 4. LML Maluku Utara 5. Foshal Maluku Utara 6. ELSIL Kie Raha 7. SEMANK 8. KPI Maluku Utara 9. BPAN Maluku Utara 10. Daurmala 11. PD AMAN Halteng 12. PD AMAN Halut 13. PD AMAN Haltim 14. KPI Kota Tidore 15. KPI Kota Ternate 16. Perempuan AMAN