Indragiri hulu 29 November 2012 Pertemuan para Batin dan tetua adat bersama Bupati Inhu, pada tgl 29 Nop 2012 yang bertempat di kantor Bupati Indragiri Hulu berlangsung sukses. Sebelum diskusi dilaksanakan Bupati Inhu menyediakan tempat menginap bagi para Batin dan tetua adat yang ikut Upacara HUT Korpri di halaman kantor Bupati Inhu. Mengingat jadwal upacara jam 7:30 wib dimulai Pemda Inhu menyediakan penginapan, akomodasi dan konsumsi di Pematang reba serta sepenuhnya ditanggung oleh Pemda Inhu. Setelah upacara selesai, Bupati menjamu peserta pertemuan makan siang bersama, baru kemudian musyawarah dimulai. Hadir dalam acara ini Kadis Pora, Kadis Kehutanan Inhu, BPN Inhu, Kadisbun Inhu Sekretaris Daerah Inhu serta para pejabat lainnya. Ada dua puluh lima orang yang mengikuti acara ini mereka terdiri dari penganut kebhatinan, tetua adat datuk Tumenggung Umi, utusan LSM pendukung Pekan Baru, utusan Hakiki, WWF dan teman -teman media dari Indragiri hulu sendiri. Acara dibuka oleh Kadis Pora Pariwisata Kebudayaan Indragiri hulu, selanjutnya acara diserahkan kepada BPH AMAN Indragiri hulu, untuk memimpin jalannya musyawarah. Tata tertib acara musyawarah dibagi empat tahap yaitu ;

  1. Perkenalan Para Batin,
  2. Sekilas penyampaian sejarah adat yang disampaikan oleh batin Talang Parit pak Irasan,
  3. Diskusi tetang GG dan sejauh mana dukungan Pemda Inhu mendukung acara gawai baik ini berikut dukungan tehnis maupun dukungan finansialnya.
  4. Membedah pokok - pokok permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat adat Talang mamak antara lain; pemetaan wilayah adat setiap komunitas, sosial budaya, ekonomi, kesehatan dan pendidikan masyarakat Talang Mamak.
Setelah diskusi panjang lebar Bupati Inhu mengatakan bahwa pertemuan ini menjadi sejarah tersendiri bagi Pemda Inhu, sebab baru kali ini ada pertemuaan antara batin-batin dan tetua adat bersama bupati. Beliau menyarankan acara Gawai Gedang jika perlu kita adakan sendiri setiap tahun dan dimasukkan dalam anggaran Pemda Inhu. Beliau menambahkan untuk tahun berikutnya jika ada kesepakatan, Pemda Inhu juga siap jadi tuan rumah untuk acara-acara adat yang akan diselenggarakan dan dihadiri oleh masyarakat adat Nusantara. Masukan dari beliau,” agar untuk ke depan jika AMAN nantinya ada acara Kongres seperti Agama Leluhur atau jadi saksi dari Talang Mamak ke MK untuk uji review UU no 41 tentang Kehutanan misalnya, ajaklah saya. Biar MK tahu bahwa Bupati Talang Mamak namanya Yopi Arianto,” kata beliau sambil bercanda. Hasil musyawarah :
  1. Untuk pelaksanaan GG Pemda Indragiri Hulu merespons positif serta mendukung, baik itu masalah teknis maupun pendanaannya minimal 50 persen dari dana anggaran yang dibutuhkan.
  2. Pemetaan wilayah adat, sosial budaya, ekonomi, pendidikan dan kepercayaan leluhur masyarakat Talang Mamak Pemda Indragiri Hulu siap bekerja sama dengan para batin adat, AMAN dan lembaga-lembaga pendukung masyarakat lainnya.
Demikianlah hasil pertemuaan pada tanggal 29 Nopember 2012, Panitia Gawai Gedang dan AMAN Indragiri hulu berterimakasih atas terselenggaranya acara ini berkat dukungan teman-teman PW AMAN Riau, PB AMAN dan LSM pendukung di Pekan Baru.//*****