Oleh Moh. Fadal

AMAN Wilayah Sulawesi Tengah (AMAN Sulteng) mendukung rencana Dinas Kesehatan Parigi Moutong (Parimo) untuk melakukan vaksinasi kepada Masyarakat Adat di lima kecamatan di Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah.

Dukungan tersebut disampaikan oleh Asran Daeng Patompo selaku Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) AMAN Sulteng pada Kamis lalu (16/9/2021). Asran mengatakan bahwa vaksinasi akan dilakukan terhadap lima kecamatan, yaitu Kecamatan Palasa, Tomini, Tinombo, Ongka, dan Kotaraya. Untuk itu, ia mengaku bersyukur dengan diupayakannya akses vaksin bagi Masyarakat Adat di Parimo.

“Jadi, terkait vaksinasi di tingkat Masyarakat Adat, kami sangat bersyukur pada Dinas Kesehatan Parigi yang ada keinginan agar Masyarakat Adat dapat di vaksin,” ucapnya.

Asran menjelaskan kalau sampai sekarang masih banyak Masyarakat Adat yang belum memahami soal vaksinasi. Sehingga, ia berharap vaksinasi yang dilakukan oleh tenaga kesahatan (nakes) dari Dinas Kesehatan Parimo itu dapat berjalan dengan baik.

“Masih banyak Masyarakat Adat yang belum divaksin karena banyak juga yang belum memahami soal vaksin. Tapi, kami juga berupaya agar vaksin dari nakes bisa terlaksana dengan baik,” terangnya.

Asran menuturkan bahwa saat ini Masyarakat Adat di Parimo, memiliki sedikitnya tujuh komunitas. Maka, vaksinasi di lima kecamatan akan mencakup ketujuh komunitas tersebut.

“Untuk saat ini, AMAN Sulteng di Kabupaten Parigi Moutong telah identifikasi tujuh komunitas mengacu pada dialek. Mereka adalah Komunitas Masyarakat Adat Ta’a, Tara, Rai, Lauje, Taje, Tajio, dan Tialo,” kata Asran. “Mereka itu sudah kami ngotot untuk direkomendasikan.”

Menurut Asran, ketujuh komunitas itu juga telah dicantumkan di dalam Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengakuan Masyarakat Adat yang sedang didorong.

Asran menambahkan, selama ini penanganan Covid-19 dilakukan AMAN kepada Masyarakat Adat. Antusias terhadap upaya penanganan tersebut pun sangat besar. Bahkan, dalam waktu dekat, AMAN Sulteng akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk ikut mendukung vaksinasi kepada Masyarakat Adat di Sulteng.

“Kami berupaya agar bagaimana nakes dengan pengurus AMAN di tingkat daerah, dapat sama-sama melakukan sosialisasi di komunitas,” ucap Asran.

***

Penulis adalah staf Infokom AMAN Sulteng.